Jumat, 02 September 2011

plasmodium

Plasmodium yang menyebarkan penyakit Malaria berasal dari spesies Plasmodium falciparum,  Plasmodium vivax, Plasmodium ovale dan  Plasmodium malariae.

  •   Plasmodium falciparum
    Penyakit malaria yang disebabkan oleh spesies ini yaitu Malaria tropika, merupakan penyakit Malaria yang paling ganas yang menyerang manusia. Dahulu spesies yang paling virulen diantara Plasmodium manusia ini banyak ditemukan di semua bagian dunia,terutama wilayah – wilayah beriklim tropis dan sub tropis. Spesies ini masih di temukan di beberapa wilayah beriklim dingin, tetapi barhasil di basmi di Amerika Serikat, negara Balkan, dan Mediterania. Plasmodium falciparum adalah pembunuh terbesar manusia di daerah tropis di seluruh dunia yang diperkirakan sekitar 50% penderita malaria tidak tertolong.   

    • plasmodium malariae   
    Penyakit Malaria yang disebabkan oleh spesies ini yaitu Malaria quartana dengan terjadinya krisis penyakit setiap 72 jam. Mempunyai kecenderungan untuk menginfeksi sel  - sel darah merah yang tua.  Parasit ini sering di temukan di daerah tropik Afrika, Birma, India, Srilanka, Malaysia, indonesia, New Guienia dan Eropa. Juga tersebar di daerah baru seperti Jamaica, Guadalope, Brazil, Panama dan Amerika Serikat.  

    • Plasmodium vivax 
    Spesies plasmodium ini menyebabkan penyakit  Malaria tertiana. Istilah tertiana berawal dari kenyataan bahwa malaria yang ditimbulkan menyebabkan serangan demam yang berulang setiap 48 jam.Plasmodium vivax hanya menyerang eritrosit muda, dan tidak dapat menyerang atau tidak mampu menyerang eritrosit yang tua. Segera setelah invasi kedalam eritrosit langsung membentuk cincin, sitoplasma menjadi aktif seperti amoeba membentuk pseudopodia bergerak ke segala arah sehingga disebut “vivax”.Spesies ini berkembang biak di wilayah – wilayah beriklim dingin, tetapi jarang ditemukan sejauh Manchuria, Siberia, Norwegia, dan Swedia di belahan bumi utara, maupun bagian selatan Argentina dan Afrika Selatan di belahan bumi Selatan.     

    • Plasmodium ovale 
    Penyakit yang disebabkan infeksi parasit ini disebut Malaria ovale dan merupakan parasit Malaria yang paling jarang pada manusia. Biasanya penyakit malaria ini tersebar di daerah tropik, tetapi telah ditemukan di daerah Amerika Serikat dan Eropa. Penyakit banyak dilaporkan di daerah pantai Barat Afrika yang merupakan lokasi asal kejadian, penyakit berkembang ke daerah Afrika Tengah dan sedikit kasus di Afrika Timur. Juga telah ditemukan kasus di Philipina, New Guenia dan Vietnam. Plasmodium ovale sulit di diagnosis karena mempunyai kesamaan dengan Plasmodium. vivax.
     

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com